Home                    Archive                     Blog I Like                     About Me

Sunday, January 12, 2014

[20130731] Departure Date!


The day has come! Hari ini adalah hari keberangkatanku menuju Summer School  Di Incheon, Korea Selatan. How excited I am!! Perjalanan kali bisa dibilang lumayan panjang yaa, karena boarding dari Surabaya  ke Kuala Lumpur jam 16.45WIB sampai tujuan perkiraan jam 20.20WITA (karena waktu KL sama kayak WITA) trus penerbangan lanjutan ke Incheon jam 00.30WITA dan perkiraan sampai di Incheon itu jam 08.20KST (beda waktu 2 jam dari WIB).  Sebenernya ada sih penerbangan yang direct flight langsung ke Incheon, tapi harganya juga lumayan untuk kita kita mahasiswa begini hihihi.



keberangkatan kali ini diawali dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya. banyak yang kaget kalo aku bilang berangkat dari surabaya. maskapai penerbangan Indonesia yang melayani rute ke Korea itu yang paling aku tahu jelas itu Garuda Indonesia (GI) dan Air Asia (AA). GI memiliki kelebihan yaitu direct flight, jadi nggk perlu yang namanya transit mampir negara tetangga dulu untuk ganti maskapai GI yang lainnya dan yang jelas harganya nggk cocok buat mahasiswa yang agendanya itu summer school dengan budget pas-pasan. haha tapi kalo lagi beruntung kayak salah satu temanku, dia berangkat ke korea pake GI dengan harga AA. gilaa, itu enak banget. ini kali pertama bepergian keluar negeri tanpa didampingi siapapun. 2 tahun lalu pernah ke Malaysia itupun bersama rombongan Marching Band yang semua-muanya udah terima jadi. nah kali ini?? bener2 serba ngurus sendiri dan ketambahan 2 partner. kalo nyasar.... yaudah, nyasar bertiga deh. hahaha.



Oiya, ada kejadian lucu pas proses check-in di check-in counter AirAsia. Jadi kan kita udah beli bagasi itu 20kg buat jaga-jaga pas reservasi tiket. Mikirnya sih pergi nggak mungkin lah yaah bawa sampe diatas 20kg. Tapi pas nimbang koper taraaaaaa…… nyataaaa, bagasi yang memenuhi syarat itu cuma lala 19,8kg! Ayu 21.9kg dan aku bagasi hampir 24kg!!! (dari segi fisik koperku emang yang paling gede) Awalnya nekat bilang mau bayar bagaisi aja, begitu nanya ke petugasnya ternyata untuk penerbangan luar negeri khususnya Korea Selatan itu Rp300.000/kg! *pingsan**henti napas* Kalau di total bisa habis uang jajan selama di Korea nanti cuma buat bagasi tambahan. Akhirnya dengan sangat terpaksa dan menahan rasa malu bongkar koper lah di depan petugas check-in counter. Sangat beruntung masih ada mamanya lala yang nunggu di depan pintu keberangkatan, jadi semua kelebihan barangku sementara dibawain mamanya lala pulang. Padahal ibuku sudah aku pesenin jangan pulang dulu sebelum aku bener-bener berangkat, eh ternyata langsung pulang. Nggak lucu aja kalo ngebayangin nitipin barang ke petugas bandara. Pelajaran yang didapatkan adalah JANGAN LUPA TIMBANG KOPER KALIAN SEBELUM BERANGKAT KE BANDARA DARIPADA MENAHAN MALU BONGKAR KOPER DI CHECK-IN COUNTER. Pake timbangan badan juga nggk apa kok, asal jangan timbangan buat bahan kue aja sih. Huhuhuu



ada lagi nih kejadian di bagian pemeriksaan mau masuk ruang tunggu. Kecap sama saus sambelnya ayu yang bentuknya botol ketahan di pemeriksaan. Kenapa? Soalnya kemasan botolnya lebih dari 100ml. untuk penerbangan luar negeri batas cairan yang boleh dibawa ke kabin itu maksimal 100ml/botol. Aku sebenernya juga bawa cairan lohh banyak pulak, cuman emang sudah aku pindahin ke botol2 kecil yg ukuran 50ml jadinya amaaann. Ayu tadinya udah masukin kecap sama sambelnya ke koper, gara-gara kelebihan bagasi itu tadi ayu panik dan akhirnya mindahin kecap sama sambelnya ke tas tenteng yang dia bawa.

Pamer dikit boarding pas, biar bisa dibilang anak kekinian haha

Ntah kenapa saat diatas pesawat sempat menitikkan airmata. Sedih karena belum bisa ngajak orang tua untuk ikut bersama, senang karena akhirnya sebuah mimpi pun bisa jadi kenyataan. Luar biasa Alhamdulillah. Sempat berpikir juga selama mimpi itu bersifat positif, bagaimanapun Allah bakal ngasih kita jalan untuk bisa menggapai mimpi tersebut (nangis dah nangis)
 
 
Info dari pramugari katanya ini produk terbaru yg mereka tawarkan. Chatime on board! Saking barunya sedotannya pake sedotan kecil hahahaha

Surabaya City Light



Perbedaan waktu terlihat ketika sedang berada di atas awan seperti ini. pergantian sore menjadi malam. Masha Allah..




Welcome to KLCC. Baiklah bakalan disini sampe jam 00.30WITA untuk penerbangan lanjutan ke Incheon


Sempet bingung sih denger pengumuman di ruang tunggu KLCC, soalnya speakernya nggak kedengeran jelas.  Jadi sempet tuh aku panik trus nyuruh 2 temenku untuk langsung ngambil tas mereka, langsung ke gate yg tertulis di boarding pass karena aku pikir sudah panggilan buat kita, eh ternyata bukan dong yaahh. Malu abisssss…. Soalnya aku yang salah denger. Akhirnya duduk lagi >.< dan ternyata penerbangan kita tepat waktu. Niatnya pengen ambil foto gitu di ‘parkiran pesawat’-nya tapi ternyata nggk boleh haha. Sekian lah cerita di hari keberangkatan kali ini.



Untuk pengeluaran hari pertama ini, antara lain:

Airport tax:          Rp150.000  
susu ultra 
strawberry:          Rp15.000 (waiting room)

Nasi Lemak:          Rp39.000 (on board)

Chatime:              Rp27.000 (on board)

Total:                    Rp231.000

 

Xoxo,
KudaKorea






 

No comments:

Post a Comment