Home                    Archive                     Blog I Like                     About Me

Tuesday, January 14, 2014

[20130801] South Korea?? Really?

Sebenernya pengen langsung cerita kedatangan di Korea. Tapi sedikit cerita lah selama di pesawat menuju Incheon. Hihihi

Nah ini yang pasti jadi topik pertama, aircraft crew! Haha pramugara pramugari campuran ada Malaysian sama yang Korean. Jelas yang menarik perhatian itu yang Korean dong haha. keusilan dimulai dengan diem-diem ngefoto pramugara yang menurut aku mirip aktor korea Song Joong Ki. Hahahaha

Karena penerbangan ini tengah malam dan rasa ngantuk udah nggak bisa ditahan lagi, akhirnya aku coba tidur deh. Meskipun sebenernya dalam hati takut banget diatas pesawat lama-lama kayak gini. Guncangan demi guncangan, sampe tanpa sadar aku sama lala itu genggaman tangan trus kalo ada guncangan kita kaget bareng tapi abis itu yaa tidur lagi. Tapiiiii….. saking keasikan tidur aku itu nggak sadar ini kapan harus sahur? Jam berapa? Ikutin waktu mana ini? pas buka mata, kok sudah kelihatan matahari?? Ngeliat jam tangan udah jam 5 gituu. Aaaaa, panik bareng ayu soalnya lala lagi nggak puasa, langsung buru-buru pesen nasi lemak ke pramugari dan makan aja gituu. Anggap aja ini sahur. Sudah nggk mikir ini jam berapa udah imsak apa belum *bodohnyaa*

Abis bingung sahur, selanjutnya bingung solat subuh -_______- ini belum nyampe korea loh yaa, sudah bingung ini itu. Ahhaha wudhu gimana, mukenah dimana, kiblat kemana. Akhirnya tayamum lah kitaa. Dan bodohnya lagi aku lagi pake baju yang lengannya nggk bisa digulung sampe siku, tayamum pake kacamata pulaak -____- doohh bego lah pokoknya saking paniknya. Akhirnya cari cara supaya bisa tayamum dengan buka baju sebagian (untungnya baju batwing yang longgar gitu dan kabin gelap haha) yg penting lengannya bisa kena tayamum. Akhirnya solat laah kita.

Setelah dipikir-pikir jam tangan aturannya masih WIB yang bedanya 2 jam lebih lambat dari waktu korea, dan saat itu ngeliat jam udah jam 5. Jadi kesimpulannya kita sahur dan solat subuh jam 7 pagi. Ckckckck abis itu udah nggak bisa tidur lagi, penumpang lainnya juga udah pada bangun untuk pesan sarapan. Nah loh bau kopi dimana-mana. Godaan hari pertama belom nyampe nih. Trus sempet syok juga ada penumpang yang baru bangun tidur pesenanny udah langsung minuman beralkohol. Dalam hati ebuset kuat banget tuh lambungnya.

Nggak berapa lama setelah sibuk main game di hp, ada pengumuman landing ajaa! Persiapaaann… deg-degan, tapi bukan karena landing, tapi karena sudah nggak sabar sudah mau sampai di Negara orang yang sebelumnya nggak ada pikiran bakalan sampai ajaa gitu. Pramugara ntah namanya siapa yang aku bilang mirip song joong ki tadi nyamperin kita, tepat disampingku meen. Aheeeyy~ Dia ngebawa kertas gituu tapi kita bertiga nggk dikasih, dia ngmg ke kita nggk jelas cepet banget gitu. Intinya doi ngejelasin kalo kita bisa ngisi form itu di terminal kedatangan setelah pengambilan bagasi. Cuma bisa bilang yes yes yes!! hahahhaa


Ini seperti mimpi!! Aku menginjakkan kakiku di Korea Selatan” *nyubit pipi**mukulin pipi sendiri* itu kalimat pertama yang keluar begitu melihat tulisan yang muncul di layar LCD di atas. Rasanya merinding seluruh badan, pengen nangis saking terharunya.

Setelah itu jangan lupa mengantri di bagian imigrasi yang bertuliskan FOREIGNER yaa. Disini ada pemeriksaan VISA, pemeriksaan sidik jari & retina (yang pake kacamata, kacamatanya dilepas yaa hehe), terkadang juga petugas imigrasinya ngasih wawancara singkat Alhamdulillah sih aku nggk ditanyain apa-apa. Hihi jangan lupa bilang terima kasih yaa guys, lebih baik kalo bisa pake bahasa korea hihi.

Iyaa ini beneran di korea! Liat aja tulisan-tulisan ini, semuanya bahasa korea alias pake hangul. Beneran nyataaa. Hahaha *norak mode on* yang tadinya ngantuk di pesawat karena tidur nggak nyenyak, seketika hilang gara-gara takjub udah nyampe aja gituuuu..

Tapi ternyata ‘parkiran pesawat’  sama tempat pengambilan bagasinya lumayan jauh, jadi harus disambung naik kereta (subway) gitu yang memang khusus mengangkut penumpang pesawat. Jangan khawatir keretanya setiap 5menit sekali datang untuk menjemput kita. Yang bikin takjub lagi itu untuk keberangkatan dan kedatangan itu dengan subway yang sama cuma beda pintu. Jadi pintu subway sebelah kanan dibuka untuk penumpang yang keberangkatan, yang kiri dibuka untuk penumpang kedatangan. Jadi nggk semerawut nyaampur antara kedatangan dan keberangkatan. Tentunya didahulukan untuk penumpang yang turun dari subway.

Ini dia partner akuuu, ayuu dan lalaaa. selama 27 hari ke depan merekalah yang jadi temanku hihihi

Abaikan wajah saya yang absurd, bentuk jilbab yang nggk karuan berantakannya. Taking a photo dulu lah sambil nunggu bagasi.

Sambil nunggu bagasi, tolah toleh celingak celinguk ternyata banyak orang Indonesia yaa seumuran kali yaa sama aku. Dalam hati “ohh, ini kayaknya anak summer school juga deh.” Hahahha setelah beres ngambil bagasi, jangan langsung keluar loh guys. Kita harus ngisi dulu itu lembar custom declaration.

Lembar ini disediakan dalam beberapa bahasa, tapi nggak ada bahasa Indonesia yaa guys. Yang tertangkap mata sih ada bahasa inggris, jepang, cina.

Setelah menyerahkan custom declaration ke petugas bandara yang berdiri  sebelum pintu keluar, baru deh kita keluar ke lobby airport untuk cari subway station. Yaa seperti biasanya, keluar langsung celingukan saking takjubnya sama bandara ini dan masih belum percaya kalau sudah sampe di Korea. Ditambah lagi bingung mau kemana. Haha pokoknya kita harus nemuin pusat informasi, dimana itu stasiun dan naik kereta ke seoul. Awalnya malu-malu banget mau nanya ke pusat informasi, jadi sok-sokan mau ambil brosur-brosur informasi subway, peta, pariwisata, tempat makan yang ada di pusat informasi *asli ini ngeles banget* hahahaha.  Tapi ujung-ujungnya tetap nanya soalnya tetep aja kagak ngarti letaknya subway itu dimana.

Dari informasi mba-mba pusat informasi yang cute abis tadi, kalo mau naik subway ke seoul kita harus turun ke basement  pake lift, trus ntar tinggal ikutin petunjuk disana yang ada gambar kereta atau tulisan Airport Railroad. Hahaha

Ini hasil rampokan brosur tadi hahahha jangan khwatir, ambil aja sebanyak-banyaknya nggak bakal ada yang marahin kok. Berhubung disediakan dalam berbagai bahasa, jadi hati-hati yaa jangan asal comot. Ntar kayak ayuu tuh, ngambil peta jalur subway bahasa jepang. Hhahaha

Dari Incheon ke Seoul sebenernya ada 2 pilihan trasnportasi, mau naik airport bus nomor 6002 atau KORAIL (Korean Airport Railroad),masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Untuk airport bus nomor 6002 harganya 10,000won untuk satu penumpang dan bisa dibayarkan langsung tunai ke supir busnya tanpa menggunakan T-money. Kalau KORAIL harganya lebih murah yaitu 3,450won untuk satu penumpang dan satu tujuan. Sebelum naik ke kereta ekspress ini, kalian harus ke vending automatic machine dulu untuk beli one journey T-money. Kalau klian masukan uang 10,000won ke dalam mesin tersebut jangan khwatir nanti mesinnya bisa ngasih kembalian kok. Fungsinya hanya sekali pake/satu tujuan. Jadi begitu sampai tujuan kartu T-money tersebut kembalikan lagi ke vending automatic machine dan uang kalian bakal dikembalikan 500won.

Akhirnya aku dan teman-teman lebih memilih naik KORAIL karena kan lebih murah nihh. Tapi kita masih nggak kepikiran tuh kalo ini kan kereta bawah tanah, nanti nyampenya di tujuan juga bakal di bawah tanah gitu kan, otomatis harus bawa koper yang berat itu buat naik ke atas. Disitu lah kelebihannya kalo naik bus nomor 6002 nggak perlu berat-berat angkat koper naik turun tangga kayak di subway station, makanya harganya juga lebih mahal.

Tujuanku di Seoul ada Hongik University station (Hongdae Station), kira-kira perjalanan ke Seoul ini melewati 6 stasiun, yang artinya ntar kita bakal turun di stasiun ketujuh . memakan waktu kira2 1-1,5jam. KORAIL ini perhentian terakhirnya di Seoul Station.

 Narsis dulu laah selama perjalanan ke Seoul. Hahaha

Ternyata ada peraturan di subway yang belom aku tahu sama sekali. Jadi ada tempat duduk  yang khusus untuk lansia, ibu hamil, dan ibu yang membawa bayi. Oiya, ada juga bagianyang nggak ada tempat duduknya itu khusus untuk orang yang pake kursi roda. Kita bertiga nggak ada yang tau tentang aturan itu, asal duduk di tempat duduk tersebut daaann diliatin doongg. Bingung kenapa siihhh, eh baru sadar di sandaran kursi itu ada stiker yang menandakan itu kursi khusus. Mau pindah pun sudah terlanjur malu, jadinya… yaudah lanjut aja deh janji deh kali ini aja. Jadi intinya, mau sepenuh apapun subway yang kita naikin saat itu dan yang kosong hanya bagian tempat duduk khusus tersebut orang-orang disana bakal milih berdiri daripada harus duduk disitu.

Sampailah kita di Hongdae Station. Dari informasi yang aku dapetin, kita harus keluar lewat exit 3 untuk lebih dekat nyampe ke penginapan (udah pernah aku jelasin di postingan sebelumnya). Ampun ampun daaahh ngangkat kopeerrr naik tanggaaa, jangan berharap ada lift di subway station yaa guys. Biasanya paling banter cuma ada eskalator. Ada lift itu biasanya dipake buat pengguna kursi roda. Cuma berdoa puasa nggak batal aja lah kalo begini sikonnya.

Dari peta yang pernah aku dapetin, letak penginapan kita itu nggak jauh dari exit 3. Tapi emang dasarnya ruri ini sotoy laaah yaa, emang bener keluar exit 3 langsung belok kiri. Tapi ternyata harusnya belokan yang keduaaa! Jadi muter-muter lah nyari mana ini ancer-ancernya. Perasaan di peta itu deket, Cuma 3 menit jalan kaki. Ini 15 menit kagak nyampe-nyampe ke penginapan. Tanpa putus asa, coba jalan aja terus sampe perempatan jalan ada konstruksi bangunan yang belum selesai. Naaahh! Udah deket udah deket. Finally…. Nyampe jugaaa!

Taraaaa, ini penampakan penginapan kitaaaa. Sama persis kayak di foto yang udah pernah aku posting sebelumnya kan? Ini asli jepretan tangan sendiri hihihihi

Nyampe depan penginapan disambut sama oppa ganteng kacamataan, kayaknya sih ownernya gitu, apa Cuma yang jaga yaaa. Senengnya dibantuin angkat koper naik tangga2 itu trus bawain sampe kamar kita dan kebetulan kamar kita itu di basement. Awalnya syok dapet di basement. Tapi yaudahlah liat nanti ajaa.

Penasaran nggk cerita selanjutnya gimana? Staytune!
Xoxo
KudaKorea

7 comments:

  1. Kalo boleh tau.. kalian d sna ad teman gak? Sma umurny brpa? Soalnya taun ini kl bkin visa ribet banget.. dan ak mau jalan2 k sna ber 2 aja sma temen.. katanya sih umurnya ga ckup.. kita 21 tahun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello darl. I'm so sorry for late reply. Kemaren aku bikin visa nggk langsung ke kedubes korsel berhubung lokasi ku di surabaya, jadilah aku pake jasa travel agent hihi. Jadi ngk ribet. Hehehe utk ketentuan bikin visa udah ak post kok di sbelum2nyaa.mungkin ak lebih gampang kali yaa karna diperkuat invitation letter dri tempat tujuan ^^

      Delete
  2. hallo, mau tanya itu kalian penginapan nyari sendiri atau sudah include dengan yang dibayarkan? terus nilai bener2 ngga mempengaruhi ya? makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo.. Untuk penginapan selama summer school kita tinggal di asramanya inha university include dri yg dibayarkan. Karna kmren ak extend satu minggu diluar kegiatan summer school, jadi cari penginapan sndiri lagi hehehe via hostelsworld.com

      Delete
  3. Hello mbak, terimakasih atas pencerahan yang ada di blognya ^_^
    Aku juga mau summer school di INHA tahun ini, aku dari unair juga (salam kenal ya mbak :) ) kalo boleh tau nih mbak, dari seoul ke inha nya dulu mbak naik apa? disediakan akomodasi dari INHA apa gimana? Terimakasih mbak :D

    ReplyDelete
  4. mba mau tanya proses keluar dr bandara ada berapa proses cz sering takut dan degdegN takut ditanya tp gak bs jawab..dan kertas apa sj yg mesti di isi mohon dibantu dan diposting form nya yg harus di isi..by rio

    ReplyDelete
  5. mba mau tanya proses keluar dr bandara ada berapa proses cz sering takut dan degdegN takut ditanya tp gak bs jawab..dan kertas apa sj yg mesti di isi mohon dibantu dan diposting form nya yg harus di isi..by rio

    ReplyDelete